Langsung ke konten utama

Executive Support System (ESS) pada perushaan Pizza Hut


TUGAS SISTEM INFORMASI MANAGEMENT
Executive Support System (ESS)
( STMIK BANI SALEH )
Di susun oleh :
Teknik Informatika Semester 3 C/P
Anggota Kelompok
ARI IRAWAN                                                : 43A87006180265
SATRIO ADI WIBOWO                               : 43A87006180284

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Executive Support System. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bapak dosen selaku  pengampu mata kuliah sistem informasi managemen  kami.
Adapun laporan sim tentang Executive Support System ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan ini.  Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki laporan analisa ini.
 Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah tentang Executive Support System  ini dapat bermanfaat untuk pembaca dan penyusun.

karakteristik dari sistem pendukung eksekutif (ESS)
sistem pendukung Executive membantu manajer senior mengatasi isu-isu strategis dan tren jangka panjang, baik dalam perusahaan dan di lingkungan eksternal
.• ESS menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi, dan wawasan karena tidak ada yang disepakati-prosedur untuk tiba di solusi.
• ESS memberikan komputasi dan komunikasi umum kapasitas yang dapat diterapkan untuk berbagai perubahan masalah.
• ESS dirancang untuk menggabungkan data tentang kejadian eksternal, seperti undang-undang pajak baru atau pesaing, tetapi mereka juga menarik informasi dirangkum dari MIS internal dan DSS.
• ESS dirancang untuk kemudahan penggunaan dan sangat bergantung pada presentasi grafis dari data.

Executive Support System atau Sistem Pendukung Eksekutif adalah sebuah sistem yang oleh para senior manajer / eksekutif sebuah perusahaan atau organisasi untuk memberikan dukungan terhadap keputusan yang tidak terprogram dalam manajemen strategis.
Informasi ini sering bersifat eksternal, tidak terstruktur dan bahkan tidak pasti. Lingkup dan konteks informasi yang tepat seringkali tidak diketahui sebelumnya.
Informasi yang diberikan eksekutif oleh Executive Support System antara lain:
·        Informasi Pasar
·        Informasi Teknologi
·        Informasi Investasi

Contoh Informasi Executive Support System (ESS)
Berikut adalah beberapa contoh informasi yang sering menjadi sumber ESS:

·        Database eksternal
·        Laporan teknologi seperti catatan paten dll.
·        Laporan teknis dari konsultan
·        Laporan pasar
·        Informasi rahasia tentang pesaing
·        Informasi spekulatif seperti kondisi pasar
·        Peraturan Pemerintah
·        Laporan keuangan dan informasi keuangan terkini

Komponen Executive Support System (ESS)

Hardware (Perangkat Keras)
·        Input Device / alat masukan : Alat ini mengijinkan eksekutif untuk memasuki, verifikasi, dan perbaharui data dengan seketika.
·        Central Processing Unit : Adalah pusat komponen karena ini dapat mengontrol komponen mesin komputer yang lain.
·        File Penyimpanan Data : Eksekutif dapat mempergunakan ini secara terpisah untuk menyimpan keterangan bisnis, dan bagian ini juga dapat membantu eksekutif mencari keterangan informasi bisnis historis dengan mudah.
·        Output Device / alat keluaran : Eksekutif dapat menggunkan alat ini untuk membaca rekaman visual dan sistem ini memerlukan dukungan dan hardware komputer yang tidak begitu mahal. Alat ini juga dapat meningkatkan akses dari keterangan EIS untuk banyak pengguna yang lain dengan suatu perusahaan.
Software (Perangkat Lunak)
·        Database : untuk menyimpan informasi-informasi yang di dapat
·        Office: Untuk mempresentasikan data, seperti membuat diagram dll
Jaringan Telekomunikasi
Jaringan yang memadai untuk menunjang proses data yang dapat berupa data text ataupun data grafik sehingga pertukaran informasi dapat dilakukan dengan sempurna. Diharapkan kombinasi dari software dan hardware dapat didukung dengan kinerja jaringan yang memadai.

Keuntungan Menggunakan Executive Support System (ESS)
·        Mudah bagi eksekutif tingkat atas untuk menggunakannya
·        Mampu menganalisa tren
·        Augmentation kemampuan kepemimpinan manajer
·        Tingkatkan pemikiran pribadi dan pengambilan keputusan
·        Kontribusi fleksibilitas kontrol strategis
·        Meningkatkan daya saing organisasi di pasar
·        Instrumen perubahan
·        Meningkatnya wawasan waktu eksekutif.
·        Sistem pelaporan yang lebih baik
·        Peningkatan model mental eksekutif bisnis
·        Membantu meningkatkan pembangunan konsensus dan komunikasi
·        Perbaiki otomasi kantor
·        Kurangi waktu untuk mencari informasi
·        Identifikasi awal kinerja perusahaan
·        Detail pemeriksaan faktor keberhasilan kritis
·        Pemahaman yang lebih baik
·        Manajemen waktu
·        Peningkatan kapasitas dan kualitas komunikasi

Kekurangan dari Executive Support System (ESS)

§  Fungsi terbatas
§  Sulit untuk mengukur manfaat
§  Eksekutif mungkin menghadapi informasi yang berlebihan
§  Sistem bisa menjadi lambat
§  Sulit menyimpan data terkini
§  Dapat menyebabkan data yang kurang valid dan tidak aman
§  Tidak cocok untuk perusahaan kecil


Penerapan pada perushaan Pizza Hut
Sistem Informasi Manajemen

Menurut O’Brien dan Marakas (2009) tujuan dari sistem informasi
manajemen adalah:menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dantujuan lain yang diinginkan manajemen; menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan; menyediakaninformasi untuk pengambilan keputusan. Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajerdan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatumasalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkandam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).Adapun per Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sebuah sistem informasiyang berfungsi mengelola informasi bagi manajemen organisasi. Di dalam organisasi, SIM berfungsi baik untuk pengolahan transaksi, manajemen kontrol dan juga sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan.Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yangtidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data).Peranan dan fungsi utama dari sisteminformasi adalah :
1. Mendukung Operasi Bisnis .Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasimenyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketikatanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan Sistem Informasi untuk dapatmengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting.
2. Mendukung Pengambilan Keputusan Manajerial.Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankanmenjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer
3. Mendukung Keunggulan Strategis.Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaandapat men-ciptakan keunggulan bersaing di pasar.

4. mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya.Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat,dan lebih bermakna.

Penerapan pada perushaan Pizza Hut
Sejarah Pizza Hut
                Pizza Hut merupakan restoran waralaba berantai untuk makanan internasionl yang menkhususkan dalam pizza, Perusahaan ini didirikan pertama kali pada tahun 1958 oleh dua orang mahasiswa, Dan dan Frank Carney di Wichita, Kansas. Kemudian perusahaaan ini dibeli oleh Pepsico, inc pada tahun 1977.Pizza hut sekarang ini merupakan restoran pizza berantai terbesar di dunia dengan 12.000 restoran kios yang melayani system free delivery.
             Pizza Hut hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 1984 sekaligus sebagai restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza hut sudah menyebar di seluruh nusantara sehingga mudah dijumpai dimana saja. Untuk saat ini pemegang hak waralaba tunggal di Indonesia adalah PT. Sari Melati Kencana.

Tipe sistem informasi yang digunakan oleh Pizza Hut
exsekutiv information system(EIS)/(ESS)
Dalam sistem pendukung pengambilan keputusan eksekutif istilah executive information system (EIS) sering dipertukarkan dengan executive support system (ESS). Namun, ada juga yang membedakan keduanya. Jika dibedakan, EIS sering didefinisikan sebagai sistem informasi berbasis komputer yang menyajikan kebutuhan informasi eksekutif puncak. Sistem ini memberikan akses cepat atas informasi dan laporan manajemen. Di sisi lain, ESS adalah sistem pendukung kompherensif yang mempunyai kemampuan lebih dari EIS. ESS menyangkut juga sistem komunikasi, otomatisasi kantor, dukungan analisis, dan inteligent.
 Pizza Hut ESS dibnagun melalui Pizza Hut Field Management System, untuk operational masing-masing outlet menyangkut bussiness forecasting inventory management dan human resource management yang tersambung secara otomatis dengan Head Quarter. System ini memungkinkan mampu menyajikan gambaran operasional dari masing-masing outlet; melayani kebutuhan informasi eksekutif puncak; menyajikan tampilan yang akrab di pengguna; sesuai dengan tepat waktu dan efektif; menyajikan penelusuran dan pengendalian yang tepat waktu dan efektif; menyajikan akses cepat atas informasi rinci dengan teks, angka, atau grafik; mengidentifikasi masalah, serta menyaring, mengkompres, dan melacak data dan informasi kritikal.
Karakteristik utama yang dimiliki ESS adalah kemampuan melihat rician, menginformasikan faktor keberhasilan kritikal (critical success factors), akses status, analisis, pelaporan eksepsi (Exception reporting), penggunaan warna, navigasi informasi dan komunikasi.
Satu kemampuan utama ESS adalah kemampuan menyajikan data rinci atas informasi ringkas. Dalam hal ini, eksekutif Pizza Hut dapat memantau kemajuan kinerja dan performance untuk masing-masing outlet/karyawan dari waktu ke waktu bahkan sampai ke detail proyek yang sedang dikerjakan. Kemudian jika terjadi suatu hal yang potensi masalah maka dapat langsung diantisipasi dan dapat dicari penyebabnya. Dengan ESS, para eksekutif Pizza Hut juga dapat melihat peta jalur distribusi bahan baku sampai ke lokasi, dan faktor penghambat dapat segera diidentifikasi.


RANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 A.Nilai-nilai Organisasi Pizza Hut
Pizza Hut Indonesia menjadikan 4 nilai berikut sebagai dasar dalam menjalankan organisasi, juga dalam membangun relasi dengan pelanggan, mitra usaha dan pemegang saham.
1. Integritas
 Kita jujur dalam berpikir dan bekerja, dapat dipercaya, tulus dan bersikap profesional saat berhubungan dengan rekan kerja, pelanggan dan para supplier.
2. Keunggulan
 Kita melakukan pekerjaan yang lebih dari sekedar panggilan tugas, melakukan lebih dari apayang diharapkan orang lain. Kita terus berjuang untuk perbaikan dan teliti dalam segala hal.Jalankan tugas dengan rela dan hadapi segala tantangan yang ada untuk mencapai standar yangtertinggi.
3. Pertumbuhan Usaha
 Kita akan mengembangkan diri dan memperoleh keuntungan
dengan cara menjadi ‘CasualDining Restaurant’ yang terbaik. Kita berjuang untuk meningkatkan kemampuan dan
 pengetahuan, berbagi keterampilan dan belajar bersama dengan rekan kerja kita, sehingga kita berkembang bersama, baik secara individu maupun organisasi.
4. Keuntungan
 Kami selalu berusaha sedapat mungkin memberikan keuntungan kepada para pemegang sahamdengan pengawasan dan peningkatan usaha penjualan.
Struktur Organisasi
·        Manager Area
·        Manager Training
·        Manager Outlet
·        Shift Leader

Hasil kegiatan

 Dari pemaparan informaasi singkat diatas maka dapat dikatakan bahwa perusahaan PIZZAHUT telah menggunakan atau mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen dengan begitu jelas sehingga dapat membuat perusahaan ini berkembang begitu pesatnya di berbagai pelosoknegara. Oleh karena itu, akan lebih jelasnya perusahaan PIZAA Hut ni di paparkan dengan salahsatu Evaluasi SIM sebagai berikut:
1. Value Chain Assesment
Value chain menggambarkan kegiatan-kegiatan yang mengambil tempat dalam bisnis dan berhubungan mereka untuk analisis kekuatan kompetitif bisnis. Michael Porter menyarankan bahwa kegiatan bisnis dapat dikelompokkan dalam dua:
•Primer: mereka yang secara langsung berkaitan dengan menciptakan dan memberikan produk(perakitan komponen misalnya),
•sekunder: yang sementara mereka tidak secara langsung terlibat dalam produksi, dapatmeningkatkan efektivitas atau efisiensi (misalnya manajemen sumber daya manusia). Hal ini jarang terjadi untuk sebuah bisnis untuk melakukan semua kegiatan utama dan pendukung.Value Chain Assesment adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi kegiatan yang terbaikdilakukan oleh bisnis dan yang terbaik diberikan oleh orang lain Menghubungkan AnalisisRantai Nilai untuk Keunggulan Kompetitif. Apa yang menjadi aktifitas melakukan bisnis secaralangsung terkait untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sebagai contoh, sebuah bisnis yangingin mengungguli kompetitornya melalui membedakan dirinya melalui kualitas yang lebihtinggi harus melakukan kegiatan rantai nilai yang lebih baik daripada oposisi. Sebaliknya,strategi yang didasarkan pada mencari kepemimpinan biaya akan memerlukan pengurangan biaya yang terkait dengan kegiatan rantai nilai, atau penurunan dalam jumlah total sumber dayayang akan digunakanDi Pizza Hut mempunyai banyak fasilitas yang berbeda di setiap cabangnya yaitu banyaknya meja makan, ukuran tempat atau gedung Pizza Hut tetapi dalam penyajian itumengutamakan kesamaan rasa dan ke lezatan yang sama dari pusatnya maka ada standar taste.Fasilitas yang utama pada saat ini yaitu sistem order atau pesan makanan melalui hotline khsususdan akan diantar ke rumah. Sebagai tempat makan yang besar atau dapat juga disebut restorant besar maka Pizza Hut banyak sekali costumer yang datang untuk makan disini, apabila semua 7
tempat penuh maka costumer harus mengisi waiting list dan ini sangat membuang - buang waktu costumer sehingga harus menunggu tempat yang kosong dan harus menahan lapar dengan posisi berdiri.

Langkah langkah dalam value chain assesment di bagi menjadi tiga bagian atas analisisnya yakni:
 • Memecah pasar atau organisasi menjadi kegiatan utama dibawah setiap judul utama dalam model
• Menilai potensi untuk menambah nilai melalui keunggulan biaya atau diferensiasi,atau
mengidentifikasi kegiatan saat ini dimana bisnis tampaknya pada kerugian kompetitif perusahaan.
• Tentukan strategi dibangun sekitar berfokus pada kegiatan dimana keunggulan komppetitif dapat dipertahankan oleh perusahaan.Dalam rangka menghadapi kondisi pasar dan persaingan yang selalu dinamis, Pizza Hutmenerapkan informasi sistem yang dapat menunjang daya saing, diantaranya berinvestasi padasistem Point of Sale dan operasi toko secara otomatis serta membuka toko secara on line(www.pizzahut.com) di jaringan internet. Sistem informasi ini dapat digunakan sebagai senjata
untuk menjangkau konsumen dimana saja berada, sesuai dengan slogannya yaitu “to be whereverour customer are”, yang pada nantinya tentu saja dapat meningkatkan penerimaan perusahaan.

INFORMASI INVESTASI

Pada bulan april tahun 2018 PT. Sari Melati Kencana,pengelola Pizza Hut akan melepas 20% saham ke public atau IPO.Dana IPO sendiri akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure dan membayar hutang.Lebih jelasnya sekitar 65% dana dari hasil IPO akan digunakan untuk membuka gerai restoran baru baik Pizza Hut maupun Pizza Hut Delivery di seluruh Indonesia.Sekitar 60% gerai akan dibuka di pulau jawa ,sementara sisanya akan dibuga diluar pulau jawa.Sementara itu 35% dari dana IPO akan digunakan untuk pembayaran fasilitas sebagian pinjaman bank atau lembaga keuangan.

INFORMASI PASAR
Segmen pasar Pizza Hut sendiri yaitu orang kalangan menengah ke atas dengan target usia yaitu anak remaja.Dalam rangka memenuhi keinginan pelanggan Pizza Hut sendiri sudah membuka layanan delivery order dengan aplikasi maupun telepon.Pizza Hut sendiri juga sudah bekerjasama denga ojek online.Gerai Pizza Hut dan Pizza Hut Delivery sendiri juga dikhususkan untuk preferensi pasar yang berbeda.Gerai Pizza Hut karena memang restoran banyak yang dine in daripada take away,sedangkan Pizza Hut Delivery untuk take away untuk home service.Penentuan lokasi pun berpengaruh terhadap pelayanan.Untuk PHD kebanyakan terletak di kota-kota besar dengan jumlah penduduk yang besar.Hal ini dikarenakan rutinitas kesibukan kota membuat pelanggan menginginkan layanan PHD,sedangkan kota pinggiran (second city) kebanyakan masyarakatnya lebih enjoy untuk makan di gerai jadi cocok untuk restaurant Pizza Hut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca dan Menghitung Nilai Kapasitor berdasarkan Kode Angka

Cara Membaca dan Menghitung Nilai Kapasitor berdasarkan Kode Angka Cara Membaca dan Menghitung Nilai Kapasitor berdasarkan Kode Angka – Kapasitor atau disebut juga dengan Kondensator adalah merupakan salah satu Komponen Elektronika Pasif yang paling banyak digunakan dalam rangkaian peralatan elektronika. Fungsi Kapasitor yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara membuatnya menjadi Komponen Elektronika yang penting. Artikel sebelumnya telah membahas tentang  Jenis-jenis Kapasitor beserta Fungsi dan Simbolnya , maka untuk kesempatan ini akan membahas tentang Cara Membaca dan Menghitung Nilai Kapasitor berdasarkan Kode Angka dan Huruf-nya. Satuan Kapasitansi Kapasitor adalah Farad, tetapi Farad merupakan satuan yang besar untuk sebuah Kapasitor yang umum dipakai oleh Peralatan Elektronik. Oleh Karena itu, Satuan-satuan yang merupakan turunan dari Farad menjadi pilihan utama produsen dalam memproduksi sebuah Kapasitor agar dapat digunaka

cara shering data dari pc ke virtualbox

Cara Sharing data dari Pc kita ke Mesin Virtual box       Cara Sharing data dari Pc kita ke Mesin Virtual Box Mungkin masih ada yang bingung bagamana cara membuka windows pada linux atau sebaliknya  tanpa merusak sistem atau merubah sistem yang sudah ada , menggunakan mesin virtual box kita bisa memakai dua atau lebih sistem operasi secara sekaligus atau berbarengan nah tapi mungkin yang masih baru mecoba coba masih bingung bagaimana caranya supaya partisi yang terdapat pada sistem operasi sungguhan dapat terbaca pada os yang terdapat pada mesin virtual box . Langkah-langkah :  gamabar 1  1. Buka firtual box anda klik"setting", di dalam setting tidak hanya pengaturan shared folder tetapi, masih banyak  perngaturan yang lain nya yang tentunya sangat berguna pada saat kita membuthkan vitur-vitur tersebut gambar 2  2.Setelah masuk kemenu setting klik "Shared folders". gambar 3  3. Pada tahap ketiga anda tinggal menekan icon d